Selasa, 10 September 2019

Benarkah Les Anak Juga Bisa Bikin Stres? Perhatikan 4 Hal Ini


Banyaknya metode pembelajaran bagi anak membuat semakin banyak pula tempat les anak yang bisa dipilih. Terlebih lagi bagi orang tua yang memiliki kesibukan padat dan tak sempat menemani si kecil belajar di rumah. Memasukkan anak ke tempat les menjadi pilihan terbaik. Namun tahukah Anda jika les bisa bikin anak stres? Untuk itu penting perhatikan 4 hal ini.

1. Perhatikan Materi Pembelajaran 

Pastikan materi pembelajaran dari tempat les yang Anda pilih sudah sesuai dengan kurikulum yang dipakai di sekolah anak. Sebagai orang tua Anda perlu meminta pihak lembaga les tersebut untuk menunjukkan kesamaan antara silabus dengan kurikulum sekolah. Selain itu pastikan soal yang diberikan juga harus bermutu, tidak terlalu mudah dan tak terlalu sulit. 

2. Pengajar Bimbel 

Pengajar juga bisa menjadi salah satu faktor yang mampu mempengaruhi proses belajar sang buah hati. Jadi pastikan pengajar di tempat les yang Anda pilih mampu memahami setiap karakter anak didiknya. Sebagai orang tua yang cerdas, Anda hendaknya memeriksa pengajar bimbel tersebut melalui latar belakang pendidikan dan pengalaman kerjanya.

Misalnya ketika hendak memasukkan anak ke tempat les gambar 3D animation. Pastikan lembaga les tersebut memiliki pengajar yang ahli di bidangnya. Selain itu, jangan lupa untuk menanyakan kinerja para pengajarnya dengan menanyakan pada anak mengenai bagaimana cara para pengajar di tempat les tersebut mengajar. 

3. Fasilitas Ruang Bimbel

Persaingan bisnis antara lembaga les bimbel tentunya akan ikut berpengaruh pada persaingan harga pula. Untuk itu pastikan Anda lebih berhati-hati dengan penawaran harga rendah. Sebab bisa jadi kualitas bimbelnya juga rendahan. Pastikan harga yang ditawarkan oleh tempat les anak tersebut sudah sesuai dengan fasilitas yang akan didapatkan.

Pilihlah tempat les dengan sarana dan fasilitas yang memadai. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan jumlah siswanya. Idealnya tempat les yang baik terdiri dari 5 hingga 15 anak setiap sesinya. Tidak kurang dan tidak lebih. Sebab jumlah siswanya kurang, kompetisi dan niat belajar anak akan menurun karena sepinya ruangan. 

4. Lokasi Tempat Les 

Pada umumnya tempat les yang berada di tepi jalan akan lebih menguntungkan karena letaknya yang strategis. Meski demikian Anda juga harus mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan anak selama belajar. Jika tempat les tersebut terlalu berisik karena suara lalu lalang kendaraan, pastikan Anda memilih tempat les dengan lokasi yang lain.

Pilihlah tempat les dengan lokasi yang aman, nyaman, dan mudah dijangkau. Di samping itu, pastikan Anda juga memperhatikan jarak tempat les dari rumah Anda. Pastikan jangan terlalu jauh. Sebab hal ini hanya akan membuat anak menjadi kelelahan ketika hendak berangkat dan pulang dari tempat les. 

Nah itulah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika memilih tempat les agar si kecil tak stres.  Esda.co.id merupakan salah satu rekomendasi tempat les gambar 3D animation terbaik yang bisa Anda pilih untuk sang buah hati.

0 komentar:

Posting Komentar