Rabu, 04 Desember 2019

Cuaca Panas, Qatar Pasang AC Di Luar Ruangan


Cuaca di beberapa belakangan, nampaknya semakin tidak beraturan. Hal ini ditunjukkan dengan cuaca panas di beberapa tempat, dengan suhu ekstrim. Tidak hanya terjadi di tanah air, bahkan di negara Qatar. 

Diketahui beberapa saat yang lalu, negara ini diserang denagn cuaca yang cukup terik, yang mencapai angka 46 derajat celcius. Warganya melakukan pertahanan unik dari sengatan panasnya matahari, dengan pasang AC di luar ruangan, berikut kisahnya. 

Pertahanan Di Cuaca Panas Ekstrim

Mereferensi dari harapanrakyat.com, tinggal di daerah dengan suhu tinggi, terasa sangat menyiksa untuk dilakukan. Namun kondisi ini harus dihadapi oleh warga Qatar, karena negara mereka sedang mengalami cuaca panas tak terkalahkan. 

Tidak hanya berlaku bagi warga lokalnya saja, para wisatawan yang berkunjung merasa kurang nyaman dengan kondisi tersebut. Wajar jika pengunjung sering mengeluhkan, cuaca terik tersebut menyiksa dirinya. 

Negara Qatar menjadi negara Timur Tengah, yang sudah biasa menghadapi panasnya suhu gurun pasir. Hanya saja kondisi ini dirasa tidak bisa ditolerir, karena suhu sampai menyiksa warganya. 

Bermaksud memberikan solusi terbaik untuk menghadapi cuaca ekstrim ini, namun caranya dirasa cukup unik dan terkesan aneh. Bagaimana tidak , jika Qatar memasang AC bukan di dalam ruangan hunian, melainkan sebaliknya.

Tindakan unik satu ini, tentu saja menyita perhatian warga dunia. Fungsi umum dari AC sendri, yaitu untuk menurunkan suhu suatu ruangan agar tetap stabil. Benar adanya jika ingin menurunkan suhu menggunakan AC, namun pemasangan terbalik tidak pernah terfikirkan. 

Bahkan ukuran AC yang tersedia, dihadirkan dengan ukuran jumbo. Ukurannya yang besar, semakin terlihat mencolok nan menyita perhatian.

Tindakan unik ini dilakukan di sepanjang jalan trotoar, hingga teras yang berada di pusat  perbelanjaan. Cara bertahan di cuaca panas ini tidak hanya berhenti sampai disana, sebab warga Qatar juga melakukannya di stadion bola. 

Ada alasan dibalik pemasangan  AC di luar ruangan satu ini, sebab negara tersebut akan menjadi tuan rumah pada ajang Piala Dunia tahun 2020 mendatang. Persiapan tersebut sudah dilakukan sejak dini, agar tamu yang datang tidak merasa gerah.

Pemasangan Ac unik ini, diharapkan mampu membuat warganya tetap nyaman beraktifitas di negara ini. Gerakan ini dilakukan tidak hanya untuk kenyamanan warganya saja, namun juga bagi para wisatawan yang tengah berlibur ke negara tersebut. Gerakan unik yang dilakukan tidak hanya terlepas itu saja, sebab Qatar juga terlihat mengecat jalanan.

Jalanan berwarna biru ini dapat ditemui, di salah satu jalan yang dekat dengan pasar tradisional tebesar di Doha. Bagi pengunjung yang ingin melihat jalanan biru tersebut, bisa langsung menuju Jalan Abdullah Bin Jassim. 

Pemilihan warna biru juga memiliki alasan yang cukup rasional, sebab warna ini mampu memantulkan warna panas yang berasal dari sinar matahari. Dengan begitu, jalanan tidak akan lagi menyerap panas akibat berwarna hitam. 

Pengecatan ini diaplikasikan di jalanan sepanjang 250 meter, dengan ketebalan sekitar 1mm. Diharapkan dengan aksi pengecatan jalanan ini, mampu menurunkan setidaknya 15 hingga 20 derajat celcius. 

Bahkan pemilihan jenis catnya pun tidak dilakukan dengan sembarangan, karena mereka menggunakan cat kaya pigmen yang dipercaya mampu memantulkan panas. Warna biru yang dilengkapi dengan AC di luar ruangan, terasa sejuk dipandang mata. 

Mengkonsumsi Anti Dehidrasi

Perhatian lingkungan sekitar, memang memiliki dampak yang cukup signifikan bagi penurunan suhu di negara tersebut. Selain lingkungan yang harus diperhatikan, kondisi tubuh tidak luput dari perhatian. 

Menjaga kesehatan menjadi poin penting yang harus dilakukan, agar tubuh dapat bertahan dari serangan cuaca ekstrim. Sebagai langkah pencegahan, warganya dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat nan begizi. 

Tidak hanya sebagai pemenuhan vitamin, namun mengkonsumsi makanan sehat mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Bahkan warganya dianjurkan untuk mengkonsumsi buah, yang kaya akan air seperti semangka. 

Buah berwarna merah satu ini, setidaknya mengandung 96% cairan serta serat yang baik bagi tubuh. Sebagai pemenuhan vitamin, buah segar satu ini dirasa mencukupinya. Mengkonsumsi buah segar ditemani AC di luar ruangan, nampaknya menyenangkan. 

Belakangan ini cuaca nampak tidak dapat diprediksi dengan baik. Bahkan di negara Qatar yang didominasi gurun pasir, suhu tinggi menyerang para warganya.

Sebagai langkah pencegahan, Qatar melakukan aksi unik dengan memasang pendingin di luar ruangan. Agar penduduknya tidak merasagerah saat di luar ruangan, Qatar pun melakukan pengecetan di sejumlah jalanan dengan warna biru. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, penduduk bisa mengkonsumsi buah segar.

0 komentar:

Posting Komentar