Kamis, 12 Desember 2019

Kemudahan lapor pajak melalui online


Membayar pajak merupakan salah satu kontribusi untuk membantu meningkatkan pendapatan negara karena pendapatan negara yang paling besar didapatkan dari pembayaran pajak. Keharusan membayar apajak bukan tanpa alasan, manfaat melimpah yang akan didapatkan dari membayar pajak benar-benar menguntungkan negara dan juga rakyatnya, bisa dilihat beberapa fasilitas publik yang sedang kita nikmati saat ini merupakan hasil dari pembayaran pajak wajib, fasilitas-fasilitas publik tersebut diantaranya bangunan pemerintahan, rumah sakit, sekolah, jalan, jembatan, hingga gaji PNS merupakan hasil nyata bentuk kontribusi pajak terhadap pembangunan suatu negara. Semakin rakyat sadar bahwa membayar pajak merupakan kewajiban yang patut dipenuhi maka semakin banyak pemasukan negara yang dihasilkan dari pajak dan akan berjalan lancar pula pembangunan yang dilakukan di suatu negara. Walau manfaatnya bisa kita lihat secara nyata, namun masih saja banyak orang yang meremehkan kewajiban membayar pajak bahkan memutuskan untuk tidak mau melakukannya, walau hanya 1 juta dari beratus juta rakyat Indonesia yang taat membayar pajak namun kita bisa lihat pembangunan yang dilakukan cukup maju, bisa dibayangkan jika seluruh rakyat Indonesia taat membayar pajak maka proses pembangunan akan semakin hebat. Selain yang telah disebutkan, pembayaran pajak juga berguna untuk pembangunan fasilitas dan tempat wisata di suatu daerah yang nantinya juga akan menambah pemasukan terhadap negara, pajak juga dapat dialokasikan untuk pengadaan bantuan sistem pengairan pertanian untuk pasokan bahan pangan di Indonesia

Alasan-alasan yang membuat sebagian besar masyarakat memutuskan untuk tidak membayar pajak salah satunya adalah kesulitan mengurus peradministrasian pajak seperti pelaporan pajak, prosesnya yang panjang dan juga membutuhkan waktu yang panjang juga menjadi alasan yang dibuat masyarakat sehingga tidak menaati pajak. Namun dengan peningkatan teknologi kini proses melapor pajak tak lagi menjadi hal yang menyulitkan, salah satu solusi yang dihadirkan ialah munculnya inovasi baru yakni penggunaan platform e-commerce Bukalapak yang tahun ini mulai merancang fitur lapor pajak. Cara lapor pajak online melalui Bukalapak akan sangat memudahkan dan pastinya terhindar dari kata ribet. Fitur pembayaran pajak pada Bukalapak juga termasuk pembayaran pajak yang dikenakan terhadap UMKM, cara lapor pajak online melalui Bukalapak memang belum diketahui secara pasti karena masih dalam tahap perancangan.

Terobosan terbaru ini merupakan salah satu pemanfaatan era teknologi yang berkembang pesat sehingga benar-benar akan memudahkan masyarakat terutama untuk berkontribusi terhadap berjalannya sistem perpajakan demi meningkatkan pembangunan negara. Diharapkan dengan dimudahkannya proses lapor pajak dengan metode ini dapat meningkatkan pemasukan pajak sehingga banyak masyarakat yang mennyadari bahwa mereka mampu membantu meningkatkan perekonomian negara dengan cara yang mudah.

Selain lapor pajak menggunakan platform e-commerce seperti bukalapak sebetulnya pemerintah sudah menyediakan layanan lapor pajak secara online dengan disediakannya layanan e-filing, sebuah website resmi pemerintah untuk membantu kemudahan layanan lapor pajak secara online. Namun karena keberadaannya yang masih sedikit diketahui orang menjadikannya masih sedilit digunakan, maka dari itu dengan diluncurkannya metode baru ini semoga keberadaannya lebih banyak diketahui orang. Untuk mengetahui peraturan lebih lanjut mengenai sistem perpajakan kamu bisa mengunjungi situs www.djponline.pajak.go.id yang merupakan website resmi pemerintah yang akan secara rinci menginformasikan mengenai sistem perpajakan mulai dari jumlah kewajiban yang harus dibayar, hingga sanksi yang akan didapatkan jika kamu melakukan pelanggaran yang berkaitan dengan perpajakan.

0 komentar:

Posting Komentar